CSR - Sampoerna Rescue (3)
Keberlanjutan

Sampoerna untuk Indonesia

Kontribusi Kami untuk Indonesia

Di Sampoerna, kami yakin bahwa kesuksesan usaha tidak hanya diukur dari performa bisnis perusahaan, namun juga dari kemampuan kami untuk memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan bagi masyarakat luas. ‘Sampoerna untuk Indonesia’ (SUI) merupakan program khusus kami yang bertujuan tidak hanya untuk memajukan bangsa dan masyarakat Indonesia, namun juga untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan sarana bagi masyarakat agar dapat melakukan yang terbaik bagi dirinya sendiri dan bangsa Indonesia.

SUI logo white bg vertical

Kegiatan dan program SUI mencakup empat pilar utama:

1. Peluang Ekonomi
2. Akses Pendidikan
3. Pemberdayaan Perempuan
4. Kesiapsiagaan dan Tanggap Bencana

Pendidikan_Perempuan
Bencana_Ekonomi

Sampoerna Rescue Training Center (SAR-TC) yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur, di tahun 2012. SAR maupun SAR-TC terus memainkan peran aktif dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat dan menangani bencana alam hingga hari ini.

Setiap tahun Sampoerna memberikan beasiswa bagi anak-anak karyawan yang berprestasi. Untuk daerah-daerah pemasok tembakau dan cengkeh Sampoerna memberikan kontribusi guna mendukung program pendidikan, mulai dari peningkatan kapasitas guru, hingga akses pendidikan tinggi bagi para siswa. Sampoerna memberikan perhatian tinggi terhadap program-program pendidikan tertentu yang terkait dengan inisiatif Praktik Pertanian yang Baik (GAP) dan Praktik Tenaga Kerja Pertanian (ALP).

 

Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPKS) yang didirikan tahun 2007 di Pasuruan, Jawa Timur. Selama tujuh tahun terakhir, PPKS telah menerima kunjungan dari berbagai kalangan di Indonesia. PPKS juga telah mengadakan berbagai pelatihan bagi 23.000 penerima. Untuk upaya tersebut, PPKS menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi & UKM sebagai salah satu Tokoh Pengusaha dan Pemimpin Perusahaan Penggerak UKM, serta penghargan dari Media serta organisasi terkemuka lainnya.

Dalam aspek pemberdayaan perempuan, kami percaya bahwa perempuan memainkan peranan penting di masyarakat. Oleh karena itu, Sampoerna menyadari pentingnya pemberdayaan perempuan untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya agar mendapatkan peluang yang setara dan mendapatkan keamanan ekonomi dalam lingkungan yang bebas dari diskriminasi gender.

Setelah melihat usaha saya, PKK Sampoerna lalu membina dan mendampingi agar produk keripik rasanya makin enak, plastik kemasan lebih tebal, desain label lebih menarik, punya izin PIRT dari Dinas Kesehatan, pengolahannya lebih higienis, diajak pameran/expo dan mengikuti pelatihan pemasaran
  • Hajjah Liana, PPK Sampoerna 2005

Sebagai bagian dari Philip Morris International Inc. (PMI), Sampoerna memiliki hak istimewa untuk menyalurkan kontribusi yang secara spesifik dialokasikan oleh PMI bagi Indonesia. Kolaborasi ini tentunya menggandakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga membantu pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan berbagai inisiatif yang ditujukan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pengobatan Gratis pasca banjir bandang di Bima - NTB

Dukungan Kami

Pada tahun 2016, dukungan Sampoerna terhadap program Contributions & CSR bernilai lebih dari Rp 20 miliar, sedangkan dukungan dari PMI di tahun yang sama adalah sekitar Rp 65 miliar bagi masyarakat di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dukungan tersebut disalurkan melalui sejumlah LSM terkemuka di Indonesia.

 

Bagikan Cerita Ini