November 11, 2021

Sampoerna Gelar Rangkaian Program Vaksinasi Gotong Royong di Sepuluh Kota

Dukungan Vaksinasi Gotong Royong Sampoerna diberikan kepada 6.200 penerima 
yang terdiri dari mitra usaha, keluarga karyawan, serta masyarakat umum di 10 kota/kabupaten. 


Jakarta, 11 November 2021 – Melalui payung program Sampoerna untuk Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melanjutkan komitmennya dalam mendukung pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) melalui pelaksanaan program vaksinasi bagi 6.200 orang penerima dari kalangan mitra usaha, keluarga karyawan, dan masyarakat umum. Program vaksinasi tersebut berlangsung secara bertahap sepanjang bulan November 2021 di 10 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Makassar, Brebes, Purwokerto, Bantul dan Lumajang. 

Rangkaian ini merupakan bagian dari program Vaksinasi Gotong Royong dengan dukungan penuh dari Sampoerna dan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. 

Termasuk dalam penerima vaksin kali ini ialah toko kelontong binaan yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC). Sejak dibentuk tahun 2008, SRC yang merupakan komunitas toko kelontong binaan Sampoerna kini memiliki 150.000 anggota yang tersebar di 34 provinsi. Dalam situasi pandemi yang menantang, pembinaan SRC ditujukan untuk mendukung toko kelontong agar tidak hanya dapat bertahan, melainkan juga bisa berdaya saing dan terus berkembang.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat menegaskan program Sampoerna Untuk Indonesia berkomitmen mendorong pemulihan ekonomi yang menyeluruh. “Kami terus berupaya untuk mendukung pengembangan UMKM Indonesia, termasuk pengembangan 150.000 toko kelontong anggota SRC, seperti melalui sosialisasi penerapan protokol kesehatan, digitalisasi, maupun pembinaan usaha. Kegiatan vaksinasi ini adalah salah satu bentuk dukungan kami bagi pelaku UMKM dan masyarakat di sekitar wilayah kami beroperasi,” ujar Ishak.

Saat menghadiri acara vaksinasi yang digelar Sampoerna di Palembang (11/11), Wakil Gubernur Sumatera Selatan Bapak Mawardi Yahya menyatakan dukungannya, “Saya mewakili masyarakat Sumatera Selatan sangat mengapresiasi sumbangsih dari Sampoerna, melalui program kontribusi Sampoerna untuk Indonesia, dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional maupun daerah. Kami mendukung penuh program vaksinasi dan pengembangan UMKM melalui Sampoerna Retail Community (SRC).”

Pada kesempatan terpisah, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, capaian vaksinasi menjadi salah satu indikator penilaian dalam penentuan level PPKM. Indikator ini yang membuat PPKM di Kabupaten Brebes belum bisa turun ke level 2.

“Kabupaten Brebes masih berada di level 3 PPKM. Untuk menurunkan ke level 2 PPKM masih membutuhkan 75 ribu warga lagi yang tervaksin. Alhamdulillah, PT HM Sampoerna membantu 1.800 dosis vaksin yang hari ini kita realisasikan,” ujar Bupati Brebes Idza Priyanti saat membuka kegiatan vaksin serentak di lima Kecamatan, di Brebes, Senin (1/11).

Sebelumnya, Sampoerna telah menyalurkan bantuan senilai sekitar Rp 80 miliar bersama dengan para mitra CSR dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya. Komitmen ini dilanjutkan di tahun 2021, di mana sejauh ini Sampoerna telah menyalurkan lebih dari Rp 18 miliar dalam inisiatif untuk mendukung pemulihan UMKM maupun penanganan pandemi melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk KADIN Indonesia. Selain itu, Sampoerna juga telah memvaksinasi 65.000 karyawan langsung dan tidak langsung perusahaan, dengan mayoritas melalui Vaksinasi Gotong Royong.

“Dukungan terhadap penanggulangan Covid-19 merupakan salah satu prioritas program Sampoerna Untuk Indonesia saat ini. Pandemi belum berakhir dan cara terbaik untuk mengurangi risiko serta menuju kenormalan baru adalah dengan vaksinasi dan tetap menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Program ini kami harapkan dapat memberi perlindungan agar masyarakat terlindungi dan dapat beraktivitas dengan lebih aman,” tutup Ishak.

***

Tentang Sampoerna Untuk Indonesia

Sampoerna untuk Indonesia merupakan payung program keberlanjutan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna). Melalui berbagai inisiatif di bawah Sampoerna untuk Indonesia, Sampoerna mendukung pemerintah mencapai visi mewujudkan Indonesia Maju melalui empat fokus utama: pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); peningkatan kesejahteraan petani; mendukung pemulihan ekonomi nasional; dan pengurangan jejak lingkungan.

Tentang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna)

Didirikan pada tahun 1913, Sampoerna – yang merupakan afiliasi dari Philip Morris International Inc. – adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek. Sampoerna memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang terkenal seperti Sampoerna A, Raja Kretek legendaris Dji Sam Soe, Sampoerna U, dan Sampoerna Kretek. Sampoerna juga mendistribusikan merek rokok Marlboro di seluruh Indonesia melalui perjanjian distribusi jangka panjang dengan PT Philip Morris Indonesia.

Sampoerna memiliki dan mengoperasikan enam pabrik yang berlokasi di Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Malang, dan Karawang. Sampoerna juga bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret di Pulau Jawa – dengan total jumlah tenaga kerja sekitar 65.000 karyawan, yang sebagian besar bekerja di lini produksi Sigaret Kretek Tangan. Sampoerna mendistribusikan produknya melalui 112 kantor area penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia.

Sampoerna merupakan salah satu emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Saham Sampoerna diperdagangkan dengan kode saham “HMSP”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.sampoerna.com.


Kontak Media:
Tantri Kadiman-Beekelaar
Head of Corporate Communications
PT HM Sampoerna Tbk.
Mobile: 0812-2014-960
Email: contact@sampoerna.com
CORPORATE & EXTERNAL COMMUNICATIONS
share this story