about_us_hero_1920x429
Tentang Kami

Sekilas Sampoerna

Tentang Kami


Sampoerna merupakan perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi dan mendistribusikan sejumlah kelompok merek rokok kretek yang dikenal luas, di antaranya Sampoerna A, Sampoerna Kretek, Sampoerna U, serta “Raja Kretek” yang legendaris, Dji Sam Soe.

Kami adalah anak perusahaan dari PT Philip Morris Indonesia (PMID) dan afiliasi dari Philip Morris International Inc. (PMI), perusahaan tembakau internasional terkemuka di dunia.

 

Pada tahun 2017, Sampoerna memimpin pasar rokok di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 33,0%. Tim manajemen Sampoerna yang berpengalaman senantiasa menerapkan praktik-praktik terbaik dan sistem kelas dunia dalam mengelola 28.212 karyawan tetap di Perusahaan dan anak-anak perusahaan. Selain itu, Sampoerna juga bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang pabriknya tersebar di pulau Jawa dan secara bersama-sama mempekerjakan sekitar 39.200 orang dalam memproduksi produk-produk Sigaret Kretek Tangan (SKT) Sampoerna.

 

Perusahaan menjual dan mendistribusikan rokok melalui 106 kantor penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia.

 

Sumber data: Laporan Tahunan Sampoerna 2017

 

House_Of_Sampoerna

Sejarah Kami

Sejarah dan keberhasilan Sampoerna tidak terpisahkan dari sejarah panjang keluarga Sampoerna sebagai pendirinya di tahun 1913.

 

Sebagai salah satu produsen tembakau terkemuka di Indonesia, kami bangga pada tradisi dan Falsafah Tiga Tangan yang menjadi dasar kesuksesan kami hari ini dan di masa yang akan datang.

1913

1930

1959

1989

1990

2005

2006

2015

2016

2018

Liem Seeng Tee memulai usahanya dengan memproduksi dan menjual produk Sigaret Kretek Tangan (SKT) di rumahnya di Surabaya. Usaha kecilnya tersebut, merupakan salah satu usaha pertama di Indonesia yang membuat dan memasarkan Sigaret Kretek Tangan dengan merek Dji Sam Soe.

LiemSeengTee

Setelah usahanya berkembang dengan mapan, Liem Seeng Tee kemudian mendirikan perusahaan dengan nama Sampoerna dan memindahkan keluarga serta pabriknya ke sebuah kompleks bangunan di Surabaya, yang kemudian diberi nama “Taman Sampoerna.” Hingga saat ini, Taman Sampoerna masih aktif memproduksi SKT milik Sampoerna.

HMS Sketch

Bisnis Sampoerna kemudian dilanjutkan oleh oleh generasi kedua dari keluarga Sampoerna, yaitu Aga Sampoerna, yang memfokuskan usaha pada produksi SKT dengan melahirkan Sampoerna Hijau, atau yang dikenal hari ini dengan Sampoerna Kretek.

AgaSampoerna

Sampoerna meluncurkan merek Sampoerna A yang merupakan produk Sigaret Kretek Mesin (SKM).

HowLowCanYouGo

Sampoerna menjadi perusahaan publik dan mulai mengembangkan struktur perusahaan modern serta menjalani periode investasi dan ekspansi.

GoPublic

Melihat keberhasilan usahanya, Sampoerna menarik perhatian Philip Morris International Inc. (PMI). Ketertarikan tersebut kemudian membuat PT Philip Morris Indonesia (PMID), anak perusahaan dari PMI, mengakuisisi mayoritas saham Sampoerna pada bulan Mei 2005.

RUPS 3 (2005)

Sampoerna mengambil posisi nomor satu dalam pangsa pasar di pasar rokok Indonesia.

Portofolio

Sampoerna menyelesaikan proses rights issue, untuk memenuhi syarat bagi perusahaan publik, dimana sedikitnya 7,5% dari modal disetor harus dimiliki oleh pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham Utama.

Right_Issue

Sampoerna melakukan stock split 1:25 agar harga saham terjangkau bagi investor dan menarik minat investor ritel yang lebih luas. Pencapaian atas aksi korporasi ini mendapat apresiasi luar biasa serta memperoleh pengakuan dari komunitas pasar keuangan di Asia Pasifik.

img-226095136-0001

Sampoerna menandai perjalanan selama 105 tahun di Indonesia. #BanggaSampoerna

Logo 104 Sampoerna-01
about_us_our_vision

Visi Kami

Visi Sampoerna ditandai dengan “Falsafah Tiga Tangan”.

"Tangan-tangan", yang merepresentasikan perokok dewasa, karyawan dan mitra bisnis, dan masyarakat luas, adalah pemangku kepentingan utama yang harus dirangkul Sampoerna untuk mencapai tujuannya menjadi perusahaan yang paling dihormati di Indonesia.

about_us_our_people

Karyawan Kami

Kesuksesan kami didorong oleh kontribusi yang diberikan oleh talenta di Sampoerna yang beragam. Kami merayakan keberagaman dan menjadikannya kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hari ini dan di masa depan.

Karyawan adalah aset utama Sampoerna. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk senantiasa mengembangkan seluruh karyawan dalam mencapai karier yang cemerlang di Sampoerna serta berkiprah di kancah global.

DSC03449

Produk Kami

Sampoerna berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan perokok dewasa yang terus berubah melalui merek yang diposisikan dengan baik di seluruh portofolio segmen.

Kami memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan rokok di Indonesia, yang meliputi Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM), dan Sigaret Putih Mesin (SPM).

DSC03502

Bangga Bersama Sampoerna

Temukan berbagai cerita yang menjadi inspirasi kami dalam kerja nyata untuk Indonesia.

 

#BanggaSampoerna